Heboh Pemotretan Bareng Orang Utan, Tepatkah Menyalahkan Luna Maya?

banner 468x60

MANGUPURANEWS.com – Aktris dan model, Luna Maya, menjadi sorotan organisasi pemerhati orang utan Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation. Mereka kecewa karena Luna mau menjadi model majalah untuk foto yang dinilai mengeksploitasi satwa yang terancam punah.

Tidak selayaknya orangutan diperlakukan seperti ini, dipromosikan sebagai hewan peliharaan atau mainan!” protes BOS Foundation melalui media sosial sambil menautkan akun Luna Maya.

Organisasi tersebut juga menyampaikan bahwa pihak-pihak yang terlibat dalam sesi pemotretan itu seharusnya punya kesadaran lebih. Apalagi Luna Maya dikenal sebagai figur publik.

@Lunamaya adalah tokoh publik dan seharusnya membantu meningkatkan kepedulian akan isu penting nasional dan global seperti pelestarian orangutan, alih-alih memanfaatkannya seperti ini di media sosial.

Tak butuh waktu lama hingga netizen Indonesia memberikan ‘perhatian besar’ pada isu ini. Apalagi isu tersebut sudah masuk ke akun-akun gosip populer di media sosial. Luna dihujat, dikritik dan dinilai tak punya sikap tegas untuk menolak ketika ditawari konsep pemotretan yang melibatkan orang utan.

Menurut saya semua nya salah dari balizoo, yg punya majalah, fotografer sampe mba luna maya. Kenapa mba luna salah? Karena dia ngeiya kan konsep foto seperti ini Pasti sebelum melakukan sesion foto sudah ada perjanjian kontrak yang disitu pasti dijelaskan bakal berfoto dgn konsep seperti apa. @bosfoundation dan komunitas pendukung2 satwa liar nya juga pasti udah apa yang terjadi di kebun binatang atau taman safari seperti apa. Makanya serinh diadakan kampaye sebelum kasus mbak luna maya. Kenapa kasus mba luna ini dibahas? Karena mba luna public figure. Dan pasti dampak nya akan semakin luas akan dicontoh2 lainnya juga,” tulis akun @dorracristilia.

Tapi, ada juga yang menilai Luna hanya menjalani profesinya sebagai model. Sementara konsep pemotretan bareng orang utan muncul dari majalah yang meminta dia berpose.

kumparan (kumparan.com) mencoba meminta tanggapan Luna Maya soal isu ini. Tetapi menurut perwakilan manajemennya, Luna belum bisa memberi tanggapan.

“Mbak Luna belum bisa ngomong sekarang. Mungkin besok,” kata perempuan bernama Jessica, Rabu (4/10).

Sumber : Kumparan by line

 

Artikel Asli >>>

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.