Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik di Pemkab. Badung Meningkat

  • Whatsapp
Sekda Adi Arnawa disaat menghadiri presentasi laporan akhir penelitian survey kepuasan masyarakat Kabupaten Badung Tahun 2019, di Puspem Badung, Senin (7/10).
banner 468x60

PUSPEM BADUNG, MANGUPURANEWS – Dari hasil survey yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Badung bekerjasama dengan Universitas Warmadewa diketahui bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Kabupaten Badung terhadap pelayanan publik yang dilakukan oleh perangkat daerah di lingkungan Pemkab. Badung mengalami peningkatan dengan nilai 83,61. Hal tersebut terungkap saat presentasi laporan akhir penelitian survey kepuasan masyarakat Kabupaten Badung Tahun 2019, bertempat di Ruang Pertemuan Kriya Gosana, Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Senin (7/10).  Acara ini dihadiri Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, Kepala Balitbang Badung I Wayan Suambara, Tim Leader Kegiatan Survey Kepuasan Masyarakat I Gede Agus Wibawa beserta Perangkat Daerah. 

Kepala Balitbang Badung I Wayan Suambara mengatakan, kegiatan survey indeks kepuasan masyarakat terutama berkenaan dengan pelayanan publik yang dilakukan oleh perangkat daerah di lingkungan Pemkab. Badung telah menjadi agenda tahunan Pemkab Badung. Untuk tahun ini survey dilakukan oleh Badan Litbang bekerjasama dengan Universitas Warmadewa. Dari hasil survey yang sudah dilakukan, dan secara terbuka telah disampaikan Tim Universitas Warmadewa terdapat hasil peningkatan dibandingkan dari tahun sebelumnya.  Pada Tahun 2017 lalu nilai rata-rata kepuasan masyarakat pada angka 79,73 dan survey yang dilaksanakan pada tahun 2019 ini, untuk mengukur indeks kepuasan masyarakat pada tahun 2018 mengalami peningkatan menjadi 83,61. Peningkatan ini tentu menggambarkan adanya peningkatan prilaku pelayanan publik yang dilakukan oleh perangkat daerah kepada masyarakat. “Jadi survey ini respondennya adalah masyarakat umum yang mencari pelayanan-pelayanan pada perangkat daerah di Pemkab. Badung dan semua perangkat daerah sebagian besar mempeloreh nilai yang baik dan 50 persen memperoleh klasifikasi A dengan mutu pelayanan sangat baik,” jelas Suambara.

Muat Lebih

banner 300250

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa memberikan apresiasi kepada tim yang telah melakukan survey dengan sangat objektif. Dari hasil survey yang dijelaskan oleh tim tampaknya sudah ada peningkatan baik indeks kepuasan masyarakat, kinerja pelayanan maupun mutu pelayanan di Badung. Sekda juga melihat dari hasil survey ini secara kuantatif bahwa sudah ada peningkatan kinerja. “Tentunya ini harus terus dijaga kualitas pelayanan jangan sampai apa yang sudah diperoleh saat ini menjadi menurun di tahun mendatang. Oleh karena itu saya berharap kepada Badan Litbang dengan tim survey indeks agar menjadi lebih baik lagi,” kata Adi Arnawa. (MN/HB)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.