Wabup Suiasa buka Workshop Nasional ASDEKSI.

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa membuka Workshop Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota seluruh Indonesia di Hotel Plagoo Holiday Bali di Taman Mumbul Nusa Dua, Jumat (18/10).
banner 468x60

NUSA DUA, MANGUPURANEWS – Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa membuka Workshop Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota seluruh Indonesia (ASDEKSI) yang dilaksanakan di Hotel Plagoo Holiday Bali di Taman Mumbul Nusa Dua, Jumat (18/10). Pembukaan ditandai dengan Pemukulan Gong dan Penyematan tanda peserta. Workshop yang mengambil topik “Penatausahaan dan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Keuangan serta Manajemen Persidangan dan Reses pada Sekretariat DPRD” mendatangkan Narasumber dari Widya Iswara Utama Pusdiklat BPK RI

dengan jumlah Peserta 1100 Orang.

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati Badung  I Ketut Suiasa dalam sambutannya mengatakan bahwa sangat mendukung pelaksanaan kegiatan Asdeksi ini karena Sekretaris Dewan (Sekwan) berperan ganda di mana secara teknis operasional bertanggung jawab kepada pimpinan Dewan sedangkan secara administratif bertanggung jawab kepada Kepala Daerah. Jadi dengan demikian disinilah kekhususan dan kelebihan Sekwan dibandingkan dengan sekretaris di lembaga eksekutif di Indonesia. Dengan memiliki pertanggungjawaban ganda ini, Sekwan harus memiliki kemampuan lebih daripada yang lainnya, karena ada di lingkungan ranah lembaga politis dan ada juga dalam lingkungan teknis administrasi biokrasi, sedangkan perangkat daerah lain hanya ada di lingkungan biokrasi saja.

“Sekwan harus memiliki kemampuan lebih diantaranya kemampuan biokrasi, kemampuan administratif , kemampuan keuangan dan memiliki kemampuan politis. Kemampuan politis ini  bukan berarti terjun dalam politik tetapi tetap memiliki kemampuan dinamika politik yaitu mencermati  perkembangan politik, dan politik ini bukan hanya posisi secara umum tetapi mencermati politik dari himpunan partai partai politik yang ada di himpunan fraksi-fraksi yang ada di DPRD itu sendiri,” tegasnya seraya berharap agar peserta Workshop ini dapat mendiskusikan apa yang menjadi subyek materi substansi dan saling tukar pikiran sehingga  memiliki rumusan bersama untuk kepentingan daerahnya.

Sedangkan Ketua Umum ASDEKSI Nasional Tri Puguh  Priyadi, SH ,MM mengucapkan terimakasih kepada Wakil Bupati Badung atas kehadirannya meluangkan waktu untuk membuka acara ini. Dan terimakasih juga disampaikan kepada para Sekwan se Indonesia atas telah selesainya masa jabatan anggota Dewan  periode 2014-2019 dan memasuki periode 2019-2024, baik dalam rangka persiapan pelantikan maupun sebelum diadakan pelantikan.

Kepada Sekwan yang baru di lantik diharapkan bisa menyesuaikan diri dan menggalang silahturahmi dengan teman sekwan yang lainnya sehingga kedepan semakin profesional.

Acara juga dihadiri Perwakilan Dirjen Otda Dr. Romy, Perwakilan Direktur Pelaksana dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah, Sekretaris Dewan Kabupaten Badung I Nyoman Pradangga. (MN/HB)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.