Desa Munggu Gelar Pragmentari Mekotek Angkat Potensi Budaya, Dukung Munggu Sebagai Desa Wisata

Wabup Suiasa disaat menyaksikan Garapan Pragmentari Mekotek, Minggu (20/10) di Pura Dalem Wisesa, Desa Munggu.
banner 468x60

MENGWI, MANGUPURANEWS – Desa Munggu, Kecamatan Mengwi mempunyai salah satu potensi budaya yakni tradisi mekotek. Sebagai desa wisata, Munggu mulai mengemas mekotek sebagai atraksi wisata. Maka munculah gagasan untuk mengemas garapan pragmentari mekotek oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Munggu sebagai sumber daya manusia penggerak Desa Wisata. Garapan Pragmentari Mekotek tersebut, Minggu (20/10) dipentaskan di Pura Dalem Wisesa, Desa Munggu. Pementasan ini disaksikan Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, bersama Kadis Pariwisata I Made Badra dan PHRI Badung IGN. Rai Suryawijaya.

Wabup Suiasa sangat mengapresiasi pagelaran Pragmentari Mekotek ini. Menurutnya, selain dalam upaya tetap melestarikan potensi seni dan budaya, garapan ini juga mampu sebagai atraksi wisata di Desa Munggu. Suiasa sangat bangga kepada tokoh masyarakat Munggu terutama yang bergelut dalam bidang seni sehingga dapat melestarikan salah satu budaya dan ini perlu dipertahankan. “Kami menyambut baik pegelaran ini, namun kami harapkan kemasan atraksi wisata ini tetap menjaga kesakralan dari budaya mekotek tersebut, ” ungkap Suiasa.

Bacaan Lainnya

Ketua Panita Putu Suarda mengatakan, bahwa Desa Munggu telah ditetapkan sebagai Desa Wisata sesuai dengan Peraturan Bupati Badung No. 47 tahun 2010. Desa Munggu memiliki tradisi unik yang tidak ada di seluruh dunia yaitu tradisi ngerebeg yang lebih dikenal dengan mekotek dimana dilaksanakan setiap enam bulan sekali pada hari raya Kuningan. Guna mendukung Desa Wisata Munggu, dikemaslah garapan pragmentari mekotek yang akan memberikan suguhan selama wisatawan menginap di Desa Wisata Munggu.

Tujuan garapan pragmentari mekotek, untuk meningkatkan budaya, keunikan, keaslian yang ada di Desa Wisata Munggu, mengarahkan kegiatan positif bagi teruna-teruni serta meningkatkan perekonomian di Desa Munggu. Garapan ini sepenuhnya didukung teruna-teruni Desa Munggu yang garapannya dipercayakan oleh Listibya Desa Munggu kepada Sanggar Seni Semeton Barong dibawah pimpinan Putu Eka Darmayasa dari Br. Kerobokan, Munggu. Sebagai pelatih tari Putu Anggra Dana Suka dari Br. Gambang dan pelatih tabuh I Nyoman Sudi Artana Br. Kerobokan, bekerjasama dengan I Putu Yogi Suarsana Br. Sedahan, dengan Dalang Nyoman Wija Widastra (Akah Canging). (MN/HB)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.