Kabupaten Jembrana Raih Penghargaan Kabupaten Sehat 2019

Bupati Jembrana I Putu Artha saat menerima penghargaan Kabupaten Sehat 2019 di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri , Jakarta, selasa ( 18/11)
banner 468x60
JAKARTA, MANGUPURANEWS – Jelang akhir tahun, Kabupaten Jembrana berhasil menyabet satu lagi penghargaan nasional, Kabupaten Jembrana dinobatkan sebagai salah satu kota sehat dibali, ditandai dengan pemberian penghargaan swasti saba padapa sebagai kabupaten/kota sehat tahun 2019. Penghargaan diserahkan Menteri Dalam Negeri  RI, Tito Karnavian kepada Bupati Jembrana I Putu Artha, bertempat di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta, Selasa ( 18/11). Turut mendampingi Kepala Bappeda  Litbang Jembrana I Ketut Swijana selaku Ketua tim teknis pembina Kota sehat serta  Kadis Kesehatan Jembrana dr I Putu Suasta.
Penghargaan Kabupaten Sehat diberikan kepada daerah di Indonesia yang mampu menciptakan kondisi daerahnya yang bersih, nyaman, aman dan sehat melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan terintegrasi yang  disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.
Bupati Jembrana I Putu Artha  mengatakan penghargaan Kabupaten Sehat yang diterima oleh Jembrana  merupakan sebuah kebanggaan bagi daerah. Sebab, sektor kesehatan adalah salah satu program prioritas kepemimpinannnya.
“ Kami bersyukur atas penghargaan ini. Hal ini akan menjadi penyemangat untuk terus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Peran serta masyarakat serta lintas OPD adalah kunci keberhasilan kami dalam mewujudkan kabupaten sehat,” ujar Bupati Artha
Artha juga menambahkan adalah sinergitas pemerintah dan masyarakat  sangat penting untuk mewujudkan K abupaten  yang sehat, melalui visi kesehatan Jembrana  “ Besnyame “ (  Jembrana Bersih Sehat Nyaman dan Aman ).
“ Sekali lagi kami apresiasi tinggi kepada semua pihak, stakeholder, dan masyarakat yang telah mewujudkan Kabupaten Sehat ini . Semoga dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan pretasi kedepan, “ kata Artha.
Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Jembrana dr I Putu Suasta berbagai upaya dilakukan mewujudkan kabupaten sehat di Jembrana. Diantara dengan mengubah mindset masyarakat untuk menganut paradigma sehat serta mengubah prilaku masyarakat untuk hidup sehat dengan  memprioritaskan upaya promosi dan pencegahan.
Langkah edukasi itu dilakukan secara  lintas sektor dari kelembagaan/OPD. Mulai dari tingkat kabupaten hingga desa/kelurahan. “ Peran utamanya sdalah Forum KKS yg diketuai oleh  ibu ketua tim Penggerak PKK, di tingkat kecamatan ada forum kecamatan sehat yg diketuai oleh ketua tim Penggerak PKK kecamatan sedangkan di desa ada kelompok kerja/pokja, “terangnya .
Sampai saat ini untuk tingkatan terbawah, sudah terbentuk di 39 desa/kelurahan se-Jembrana . “ Ini juga upaya kesehatan masyarakat yg mandiri kita lakukan. Sedangkan  pemerintah  bertugas membina dan memfasilitasi dengan melibatkan semua perangkat daerah, “ papar Suasta.
Upaya lainnya ditambahkannya, melalui dukungan tatanan pemukiman sarana prasarana yg sehat serta tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri. “ Dua tatanan itu sekaligus menjadi kriteria kabupaten sehat. Kita berupaya memenuhi secara berjenjang, “ pungkasnya. (MN/Abhi-HJ)
banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.