Sosialisasikan Bahaya Penyakit HIV/AIDS Wabup Suiasa Lepas Jalan Santai Karang Taruna Wiratama Mandala Desa Mengwi

Wabup Suiasa lepas jalan Santai Karang Taruna Wiratama Mandala Desa Mengwi bertempat di Lapangan Umum Mengwi, Minggu (1/12).
banner 468x60

MENGWI, MANGUPURANEWS – Dalam rangka memperingati Hari AIDS se-Dunia tahun 2019 di Kabupaten Badung, Karang Taruna Wiratama Mandala Desa Mengwi bekerja sama dengan Komisi Penangulangan AIDS (KPA) Kabupaten Badung melaksanakan kegiatan jalan santai yang dilepas langsung Wakil Bupati yang juga Ketua Pelaksana KPA Badung I Ketut Suiasa bertempat di Lapangan Umum Mengwi, Minggu (1/12). Kegiatan bertema “Bersama Masyarakat Meraih Sukses” dirangkaikan dengan Karang Taruna Festival 2019.

Disela-sela kegiatan Wabup Suiasa menyampaikan apresiasi atas kegiatan jalan santai yang bersinergi antara KPA dengan Karang Taruna dalam rangka memperingati Hari AIDS se-Dunia tahun 2019 yang jatuh setiap tanggal 1 Desember.  Dikatakan kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan tentang bahaya penyakit sosial khususnya HIV/AIDS karena juga merupakan ranah tugas dan tanggung jawab dari keberadaan Karang Taruna. Karena Karang Taruna dibentuk oleh pemerintah sesuai Undang-Undang dan sebagai mitra kerja yang bersama-sama dengan pemerintah yang berkedudukan di Desa untuk turut serta berperan aktif terhadap permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat. “Keberadaan Karang Taruna ini sangat strategis dalam mencegah penyakit sosial terutama HIV/AIDS mengingat keanggotaannya yang terdiri dari generasi muda selaku generasi penerus sehingga nantinya dapat terhindar dari penyakit-penyakit sosial tersebut, salah satunya dalam hal penangulangan HIV/AIDS itu sendiri,” tegasnya.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut dikatakan dari segi kasus dimana di Badung adanya peningkatan kasus HIV/AIDS   tahun 2017 hingga 2019 yang disebabkan karena Badung merupakan daerah pariwisata dan banyak warga pendatang. Dimana mereka yang datang ke Badung malu atau enggan melaporkan keadaannya penyakitnya dari negara atau daerah asalnya, tetapi setelah di Badung baru mereka memeriksakan keadaan penyakitnya sehingga tercatat secara administrasi di Kabupaten Badung. “Kita tahu bahwa teman-teman yang bertugas bisa merahasiakan identitas seseorang yang terkena penyakit HIV/AIDS sehingga aman terhadap yang bersangkutan,” katanya.

Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara Jalan Santai I Ketut Mardika melaporkan bahwa kegiatan ini sudah rutin dilaksanakan setiap tanggal 1 Desember dalam rangka memperingati hari AIDS se-Dunia sekaligus dikaitkan dengan Karang Taruna Festival tahun 2019.

Lebih lanjut di laporkan bahwa serangkaian kegiatan menyambut Hari AIDS se-Dunia, KPA Badung juga melaksanakan program lintang sehat seraya menghilangkan stigma diskriminatif bagian ke 3 “Aku Tahu Aku Cegah” yang dilaksanakan bulan September sampai Nopember 2019 yang menyasar seluruh SMP dan SMA/SMK di Kabupaten Badung dengan satu kelas satu narasumber. Disamping itu juga dilaksanakan kegiatan bagi brosur dan bunga mawar tepat pada tanggal 1 Desember 2019 di seputaran Jimbaran dan Kampus Unud bekerja sama dengan Karang Taruna Darma Kanti Kelurahan Jimbaran. “Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya kepada Wakil Bupati yang juga Ketua Pelaksana KPA dan para sponsor lainya yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini sehingga bisa berjalan sesuai dengan harapan,” katanya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala BNN Kab Badung AKBP Ni Ketut Mastini, Sekretaris KPA Badung dr Putu Sunadiyari, Penglisir Puri Ageng Mengwi AA Gde Agung yang juga Anggota DPD RI, Perwakilan dari Camat Mengwi, Pj Perbekel Mengwi IB Suryana ,SH, Bendesa Adat Mengwi A A Gd Gelgel, para undangan serta tokoh masyarakat Desa Mengwi. (MN/HB)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.