Badung Gelar Lomba Busana Ke Pura Antar Perangkat Daerah se-Badung.

banner 468x60

Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa bersama Ketua K3S Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta membuka Lomba Busana Ke Pura antar perangkat Daerah di wantilan Jaba Pura Lingga Bhuwana Puspem Kabupaten Badung Kamis (14/9).

MANGUPURA – MANGUPURANEWS.com – Serangkaian launcing Gerakan Badung Untuk Kasih Sayang (Gerbang UKS) yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa, juga digelar Lomba Busana Ke Pura antar perangkat Daerah di wantilan jaba Pura Lingga Bhuwana Pusat pemerintahan Kabupaten Badung Kamis (14/9). Lomba ini diikuti 34 perangkat daerah di Badung. Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Badung Ketut Suaisa, Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial Kabupaten Badung (K3S) Nyonya Seniasih Giri Prasta, Kepala Dinas Sosial Ketut Sudarsana, Kepala Rumah Sakit Umum Daerah Mangusada Nyoman Gunarta.

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi kepada karyawan karyawati Pemerintah Kabupaten Badung yang sudah mengikuti dan menyaksikan lomba busana ke pura antar perangkat daerah se-Badung. “Lomba ini merupakan salah satu wujud nyata pelaksanakan visi misi daerah yang tertuang dalam dokumen daerah tentang prioritas pembangunan di bidang sandang pangan dan papan serta lomba ini juga perwujudan pembangunan bidang adat, seni, budaya dan agama,” kata Suiasa.

Lebih lanjut Suiasa mengatakan dari lomba busana ke pura diharapkan bisa memberikan panutan kepada masyarakat tentang etika berbusana ke pura yang benar. “Dalam berbusana ini kita harus paham bagaimana berbusana untuk bekerja, untuk kundangan atau untuk ke pura. Untuk berbusana ke pura ini perlu diketahui etikanya, bagaimana ‘kamen dan saputnya’, bagaimana pula baju yang tepat untuk dipakai ke pura. Saat ini banyak generasi muda yang berpakaian ke pura seperti berpakaian kundangan dan hal ini perlu kita sosialisasikan kepada masyarakat bagaimana etika berbusana kepura yang benar,” paparnya.

Sementara itu Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial Kabupaten Badung (K3S) Nyonya Seniasih Giri Prasta sangat mendukung dilaksanakan lomba berbusana ke pura. “Kita ketahui saat ini di Badung ada kelompok masyarakat yang membuat kain endek. Kain endek hasil pengrajin ini perlu dipromosikan kepada masyarakat bahwa di Badung mempunyai pengrajin kain endek. Salah satu promosi menggelar buana ke pura dengan menggunakan kain endek buatan pengrajin kain di Badung,” ungkap Nyonya Seniasih Giri Prasta.

Adapun juara dalam lomba busana ke pura ini, sebagai juara I nomor undi 21 dari Bappeda , juara II diraih nomor undi 12 dari Bank BPD Badung Cabang Mangupura, Juara III nomor undi 9 dari Dinas Kebudayaan. Sementara untuk Juara Harapan I di raih nomor undi 28 dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, juara harapan II nomor undi 1 dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Badung dan Juara Harapan III dari Rumah Sakit Umum Daerah Mangusada.

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.