Ini Tips Aman Ketika Terpaksa Harus Belanja di Tengah Pandemi Corona

(VIA iStockphoto)
banner 468x60

NEWYORK, MANGUPURANEWS – Pandemi corona membuat masyarakat harus bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah setidaknya selama 14 hari. Namun tentu saja, beberapa kali Anda terpaksa ke luar rumah untuk membeli bahan makanan di ritel-ritel terdekat.

Menyentuh barang-barang di supermarket yang bisa jadi penyebaran virus tentu membuat Anda khawatir. Apalagi, Anda tidak tahu siapa saja sebelumnya yang menyentuh barang-barang tersebut.

Profesor kedokteran dan penyakit menular di Mayo Clinic, Greg Polandia mengatakan, cara satu-satunya adalah Anda mesti berhati-hati dan tetap menjaga kebersihan di tempat ramai seperti itu.

“Anda tidak dapat terinfeksi jika tangan Anda bersih sebelum menyentuh wajah Anda, dan jika Anda tidak menghirup udara dari seseorang yang sakit dan batuk,” ucapnya dikutip CNBC, Senin (23/3/2020).

Greg pun menyarankan Anda mengikuti langkah-langkah ini:

1. Buat strategi waktu perjalanan

Pertama, lakukanlah inventarisasi apa yang akan Anda beli di toko obat, toko kelontong, pom bensin, dan sebagainya. Dengan cara itu, Anda akan sangat menghemat waktu sehingga tak perlu bulak-balik ke toko dan memperkecil potensi penularan.

“Berikutnya, rencanakan belanja di luar jam sibuk sehingga Anda berada di sekitar lebih sedikit orang,” ucap dokter Georgis Benjamin.

Para ahli berpendapat, jam puncak alias jam sibuk toko kelontong maupun ritel biasanya pada akhir pekan atau sekitar sore hari antara pukul 16.00 WIB hingga 18.00 WIB pada hari kerja.

Jika toko yang Anda masuki sangat ramai, beri jarak setidaknya 6 kaki antar pengunjung. Atau pertimbangkan belanja di toko kelontong yang menyediakan drive through, penjemputan di pinggir jalan, atau pengiriman.

2. Bawa pembersih tangan

Jika Anda memiliki pembersih tangan atau disinfektan rumah tangga yang terdaftar di EPA, seperti Clorox Disinfecting Wipes dan disinfektan merek Lysol, bawalah bersama Anda ke toko untuk membersihkan permukaan yang harus Anda sentuh, seperti gerobak kelontong atau pompa gas.

Termasuk ide baik pula jika Anda membawa pembersih tangan seperti hand sanitizer jika Anda tidak dapat mencuci tangan saat bepergian.

“Tapi sarung tangan dan masker (dihimbau pakai masker) masih tidak diperlukan, kecuali Anda sakit,” ujarnya.

3. Cuci tangan

Cucilah tangan setelah memegang barang-barang yang Anda sentuh di toko. Cobalah untuk tidak menyentuh wajah Anda sebelum mencuci tangan. Benjamin mengatakan, pastikan Anda membersihkan tangan Anda dengan sabun dan air selama 20 detik.

Jangan lupa, cucilah tas belanja Anda yang dapat digunakan kembali setelah tiap kali digunakan.

4. Tidak lakukan perjalanan

Janganlah melakukan perjalanan, terutama bila Anda berisiko lebih tinggi untuk tertular penyakit. Hal tersebut juga berlaku untuk Anda yang memiliki penyakit jantung, diabetes, paru-paru, dan orang tua di atas 65 tahun.

“Orang-orang ini seharusnya tidak menjalankan tugas, jadi akan lebih baik jika seseorang bisa melakukannya atas nama mereka jika memungkinkan,” kata Polandia.

Dan ingat, jaga jarak Anda secara sosial (termasuk social distancing) yang tidak hanya baik untuk kesehatan kita sendiri, tetapi untuk orang-orang di sekitar kita. (Kompas.com)

Artikel Asli>>>

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.