Bupati Suwirta Serahkan BLT di Tiga Kecamatan Klungkung Daratan

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta kembali menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Non DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) di tiga Kecamatan Klungkung daratan, Senin, (18/5).
banner 468x60

KLUNGKUNG, MANGUPURANEWS – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta kembali menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Non DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) di tiga Kecamatan Klungkung daratan, Senin, (18/5/2020) Pagi. Bantuan dari dana desa itu diserahkan Bupati masing-masing di Desa Negari, Desa Kampung Gelgel, Desa Kamasan, Desa Kampung Kusamba dan Desa Besan Kecamatan Banjarangkan. BLT yang diserahkan secara simbolis ini sebesar Rp. 600.000,- kepada warga kurang mampu dan terdampak Covid-19. Bantuan tersebut akan diberikan selama tiga bulan yakni dari bulan April, Mei dan Juni.

Setelah Bupati Suwirta turun melihat kondisi dilapangan, ternyata masih ditemukan warga yang sakit maupun cacat fisik sama sekali belum mendapat bantuan, apalagi mereka tidak bisa bekerja dengan keadaan seperti ini. “Melihat kondisi ini, maka untuk kedepannya saya sudah langsung tugaskan dinas terkait bersama perbekel agar benar-benar mendata warga yang belum tersentuh bantuan apapun tidak harus melalui kabupaten jadi nanti langsung ditangani oleh desa melalui dana alokasi desa,” terang Bupati Suwirta.

Bacaan Lainnya

Bupati menambahkan untuk kedepannya  hak-hak warga yang berhak mendapatkan bantuan secara rutin akan diberikan, termasuk juga anak-anak mereka yang seharusnya mendapatkan beasiswa akan diberikan. “Jadi untuk kedepannya mereka yang mempunyai anak kita akan berdayakan, sehingga dengan langkah-langkah ini nantinya mereka bisa lepas dari kk miskin,” ucap Bupati Suwirta.

“Semoga dengan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid dan selalu jaga pola hidup yang bersih dan sehat agar kita terhindar dari penyebaran wabah Covid-19,” harap Bupati yang juga selaku Ketua Gugus Satgas Covid-19 Kabupaten Klungkung.

Selain itu, Bupati Suwirta juga meninjau pendistribusian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Kantor Camat Dawan. KKS ini untuk masyarakat yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial sebagai warga miskin. Bantuan ini dapat dicairkan dalam bentuk sembako di masing-masing E-Warung di Kabupaten Klungkung yang telah ditunjuk oleh Kemensos. Jumlah kartu yang dibagikan sebanyak 520 untuk 12 Desa di Kecamatan Dawan.

Berdasarkan data dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung, Data Non DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) yang diserahkan melalui desa sebanyak 3.803 KK penerima. Sedangkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) pada pandemi covid-19 saat ini ada tambahan sebanyak 2.877 KK dan data reguler sebanyak 7.619, sehingga total penerima menjadi 10.496 KK.

Sementara itu, ditempat terpisah Wabup Kasta juga meninjau pendistribusian (KKS) masing-masing di Wantilan Pura Agung Kentel Gumi, SD Negeri 2 Selat dan Kantor Dinas Sosial Kabupaten Klungkung. Dalam kunjungan tersebut Wabup Kasta melihat warga membludak. “Saya sudah menghimbau agar tetap menjaga jarak dan menggunakan masker serta tetap jaga kesehatan terlebih hujan dari kemarin,” harapnya. Selain itu, Wabup Kasta juga berpesan melihat membludaknya masyarakat kegiatan seperti ini bisa dilakukan lebih dari satu hari. (MN/Puspa-HKl)

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.