Bupati Giri Prasta Hadiri HUT ST Kusuma Mertha, Br. Pemaron Baleran, Munggu

banner 468x60

Bupati Badung Nyoman Giri Prasta didampingi anggota DPRD Badung Nyoman Satria menghadiri Puncak HUT ke-34 Sekaa Teruna (ST) Kusuma Mertha, Br. Pemaron Baleran, Desa Munggu, Kec. Mengwi, Jumat (23/9) lalu.

 

Bacaan Lainnya

MENGWI – MANGUPURANEWS.com – Bupati Badung Nyoman Giri Prasta didampingi anggota DPRD Badung Nyoman Satria menghadiri Puncak HUT ke-34 Sekaa Teruna (ST) Kusuma Mertha, Br. Pemaron Baleran, Desa Munggu, Kec. Mengwi, Jumat (23/9) lalu. Acara tersebut juga dihadiri Anggota DPRD Bali Jro Komang Swastika, Camat Mengwi I Gst Ngr Gede Jaya Saputra beserta Tripika Kec. Mengwi, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Badung I Bagus Alit Sucipta, Perbekel Munggu, Bendesa Adat Munggu, Ketua ST se-Desa Munggu dan tokoh Masyarakat.
Pada Puncak HUT ST Kusuma Mertha ditandai pemotongan tumpeng oleh Bupati Badung Nyoman Giri Prasta dan diserahkan kepada Ketua ST Kadek Agus Jati Wibawa. Bupati juga menyerahkan bantuan sebesar Rp. 13 juta dan secara pribadi sebesar Rp. 15 juta kepada ST Kusuma Mertha.
Bupati Giri Prasta menyampaikan, sangat mengapresiasi atas terselenggaranya HUT ST Kusuma Mertha ke-34, sekaligus Bupati salut dengan kreatifitas dan inovasi yang ditunjukan ST Kusuma Mertha. Menurut Giri Prasta, Sekaa teruna merupakan generasi muda yang nantinya akan menjadi penerus bangsa. Oleh karena itu semua sekaa teruna harus dibimbing dan diarahkan dengan baik dalam melaksanakan dedikasi serta pengabdian di tengah-tengah masyarakat. Bupati juga berpesan kepada Sekaa Teruna untuk menjauhkan diri dari obat-obat terlarang seperti narkoba, minum-minuman keras dan geng motor atau balapan liar.
Dijelaskan, Pemkab Badung sudah melaksanakan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berancana (PPNSB), semesta itu menyeluruh dan berencana terpola. Dalam PPNSB terdapat lima program yang menjadi skala prioritas pembangunan yang merupakan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat Badung yaitu pangan, sandang dan papan; kesehatan dan pendidikan; jaminan sosial dan tenaga kerja; seni, adat, agama, dan budaya; serta pariwisata. “Melalui PPNSB pemkab badung komit memberikan pelayanan gratis di bidang kesehatan dan pendidikan. Begitu pula program bedah rumah serta pelestarian seni budaya,” jelasnya. Tahun 2018 nanti Bupati juga mengambil kebijakan untuk memberikan gaji kepada pemangku pura khayangan tiga se-Badung dan memberikan dana santunan bagi penunggu pasien kelas III serta pembayaran PBB gratis. Bupati Badung berjanji tahun 2018 akan memperbaiki sampai tuntas pembangunan wantilan pura dalem yang ada di Br Pemaron.
Ketua ST Kusuma Mertha Kadek Agus Jati Wibawa melaporkan, ulang tahun ST Kusuma Mertha adalah salah satu upaya mengenang kembali semangat para pendiri ST Kusuma Mertha pada jamannya dan mewarisi serta meneruskan serta mengembangkan semangat yang terkandung didalamnya guna keberlanjutan kehidupan ST Kusuma Mertha sebagai pewaris nilai-nilai adat dan budaya di lingkungan Br. Pemaron. Anggota Kusuma Mertha berjumlah 70 orang terdiri 41 putra dan 29 putri. Perayaan hari ulang tahun dituangkan ke dalam rentetan kegiatan seperti; sepak bola, catur, lari karung, goyang balon, tarik tambang, makan kerupuk, estapet kelereng, menangkap belut dan mancing lele. Adapun prestasi yang diraih dibidang olah raga yakni Perisai Diri mendapatkan juara 2 Mangupura Cup 1 tahun 2012, juara 1 Mangupura Cup 2 tahun 2014, juara 2 Mangupura Cup 3 tahun 2016. “Kami mengucapkan terima kasih segenap anggota dan tetua yang telah mendukung aktifitas dan kegiatan Sekaa Teruna Kusuma Mertha selama ini,” tambahnya.

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.