Persiapan Lomba Pelaksana Terbaik PKTP Tingkat Provinsi Bali

banner 468x60

Ketua Tim YKI Cabang Badung Ny. Seniasih Giri Prasta saat melakukan pembinaan di SMPN 4 Kuta Selatan.

“YKI Badung Lakukan Pembinaan di SMPN 4 Kuta Selatan”.

Bacaan Lainnya

KUTA SELATAN – MANGUPURANEWS.com – SMPN 4 Kuta Selatan ditunjuk mewakili Kabupaten Badung dalam Lomba Pelaksana Terbaik Penanggulangan Kanker Terpadu Parupurna (PKTP) tingkat sekolah Provinsi Bali tahun 2017. Untuk mempersiapkan wakil Badung ini dengan baik, Tim Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Badung terus melakukan pembinaan. Senin, (25/9) kemarin Tim YKI Cabang Badung yang diketuai Ny. Seniasih Giri Prasta didampingi Wakil Ketua Ny. Kristiani Suiasa kembali turun melakukan pembinaan yang ketiga kalinya di SMPN 4 Kuta Selatan. Pembinaan ini dilakukan untuk menyempurnakan berbagai kreteria yang dilombakan dalam lomba pelaksana terbaik PKTP.

Ny. Seniasih Giri Prasta menyampaikan bahwa kesehatan adalah hak setiap warga negara dan telah menjadikan kesehatan itu sebagai gaya hidup. Namun demikian semua kebulatan hati dan pikiran tidak akan pernah terwujud apabila kita tidak membuat kesehatan itu menjadi satu-satunya unsur penting dan strategis dalam upaya membangun manusia itu sendiri. Dengan kondisi kesehatan optimal, masyarakat akan mempunyai kesempatan dan kemampuan yang lebih besar untuk memenuhi kebutuhannya, yang pada gilirannya akan berdampak pada peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Dijelaskan, bahwa YKI Cabang Badung sejak tahun 2006 lalu telah melaksanakan program penanggulangan kanker terpadu paripurna melalui sekolah, guna memperkenalkan kanker sejak dini kepada siswa, sehingga penyakit mematikan ini dapat segera dicegah dan tanggulangi sehingga derajat kesehatan masyarakat mampu meningkat yang pada akhirnya dapat terciptanya Kabupaten Badung yang sehat. Diakui memang masalah kesehatan tidak hanya menjadi tanggungjawab Dinas Kesehatan saja, namun tanggungjawab berbagai sektor termasuk YKI Cabang Badung. Kanker adalah salah satu penyakit yang penanggulangannya diperlukan sikap dan prilaku yamg positif dan respontif dari pelayanan kesehatan dan masyarakat. Agar hal ini dapat ditanggulangi, harus mendapat cukup pengetahuan, informasi dan sumber daya sehingga setiap individu, keluarga dan masyarakat mempunyai kemampuan untuk mengusahakan pencegahan, mengurangkan resiko terkena kanker serta pengobatan sedini mungkin. “YKI bekerjasama dengan K3S Badung setiap tahunnya telah dapat membantu biaya pengobatan kanker di wilayah Badung,” jelasnya.

Di bagian lainnya Ny. Seniasih Giri Prasta mengharapkan melalui pembinaan ini, Kepala Sekolah SMPN 4 Kuta Selatan beserta jajaranya dapat mempersiapkan sekaligus memantapkan kegiatan – kegiatan yang menjadi indikator penilaian dalam lomba PKTP yang meliputi ; kegiatan penyuluhan, paduan suara, puisi, simulasi, kesenian tradisional, membuat jamu, toga, kebersihan lingkungan, keberadaan kantin, yel-yel, poster dan yang terpenting persiapan administrasi, dokumentasi dan profil sekolah. “Kami mohon dukungan semua pihak, sehingga prestasi di tingkat provinsi dapat dipertahankan,” katanya.

Kepala Sekolah SMPN 4 Kuta Selatan I Wayan Tur Adnyana sangat mengapresiasi kepercayaan yang diberikan untuk mewakili Kabupaten Badung di tingkat Provinsi Bali. Kepercayaan ini siap diemban dengan sebaik-baiknya, melalui pembinaan dari Tim YKI Badung, pihaknya yakin dapat memberikan yang terbaik bagi Badung. “Dari pembinaan yang ketiga ini, kami mohon saran, masukan, kritik, apa yang kurang agar dapat kami perbaiki, sehingga apa yang menjadi keinginan kita dapat dilakukan dengan baik,” tambahnya.

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.