Kendalikan Inflasi Komoditi Strategis, Pemkab Gianyar Gelar Gertam Cabai

pj gianyar
Pj. Bupati Gianyar, I Dewa Tagel Wirasa bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Gianyar dan Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar menyelenggarakan kegiatan Gerakan Tanam Cabai di Subak Pengliklikan, Desa Temesi, Jumat (22/3)
banner 468x60

MANGUPURANEWS, GIANYAR – Dalam rangka menjaga stabilitas stok cabai dan harga guna pengendalian inflasi komoditi strategis di Kabupaten Gianyar, Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar menyelenggarakan kegiatan Gerakan Tanam Cabai di Subak Pengliklikan, Desa Temesi, Jumat (22/3) pagi. Kegiatan dihadiri Pj. Bupati Gianyar, I Dewa Tagel Wirasa bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Gianyar dan instansi terkait.

Ditemui ketika pelaksanaan kegiatan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar, Ir. Anak Agung Putri Ari mengatakan gerakan tanam cabai merupakan rangkaian dari kegiatan peningkatan produksi dan produktivitas komoditi cabai di Kabupaten Gianyar. Dimana Desa Temesi merupakan salah satu penyangga produksi cabai di Kabupten Gianyar dengan potensi luas tanam sebesar 0,5 hektar dengan produktivitas mencapai 7 ton perHa.

Bacaan Lainnya

“Selain itu, kegiatan pengamanan stok cabai dan stabilitas harga juga menyasar penanaman cabai untuk skala rumah tangga dengan membagikan tanaman cabai untuk ditanam di halaman rumah warga di Desa Temesi dengan jumlah bibit sebanyak 1.325 pohon,” kata Agung Putri Ari.

Lanjutnya, rangkaian kegiatan gertam dalam pengendalian inflasi di Kabupaten Gianyar dimulai dari Subak Pengliklikan, Desa Temesi dan akan dilanjutkan ke lokasi lain yang merupakan sentra pengembangan kawasan cabai Kabupaten Gianyar yaitu Kecamatan Sukawati. “Desa Sukawati dengan sasaran tanam seluas 150,74 hektar, Desa Guwang seluas 70 hektar, Desa Ketewel seluas 47 hektar,” ujarnya.

Gerakan tanam cabai juga merupakan bagian dari upaya untuk mengembangkan varietas tanaman cabai yang unggul secara genetik dan lebih tahan terhadap penyakit serta memiliki hasil panen yang lebih tinggi, Dalam hal pengembangan varietas tanaman cabai unggul, Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar bekerjasama dengan Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BPSIP) Bali dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali.

Luas tanam cabai di Kabupaten Gianyar sampai bulan mei tahun 2024 nanti diperkirakan mencapai 270 hektar yang tersebar di 7 Kecamatan dengan luas terbesar berada di Kecamatan Sukawati. Dengan produktivitas rata-rata Kabupaten sebesar 6 ton perHa maka jumlah produksi cabai di Kabupaten Gianyar diperkirakan mencapai 1.260 ton. (MN/HG)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.