Wabup Sutjidra Resmikan Gedung Layanan Perpustakaan

Foto : Istimewa
banner 468x60

BULELENG, MANGUPURANEWS – Kini Masyarakat Kabupaten Buleleng memiliki gedung Perpustakaan yang layak untuk dikunjungi dan di manfaatkan. Karena sekarang Kabupaten Buleleng telah resmi memiliki gedung Layanan perpustakaan yang cukup baik, nyaman dan representatif. Gedung layanan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng yang berletak di Jalan Werkudara tepat di sebelah Selatan Taman Kota Singaraja, telah diresmikan oleh Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG, Sabtu (7/12).

Kenyamanan yang diberikan Perpustakaan pada masyarakat diantaranya yaitu, disediakannya Ruangan layanan Anak, Ruangan Sirkulasi, Ruang Audio Visual, Ruang Internet, Ruang Pelestarian, dan Ruang Restorasi. Pada setiap ruangan tersebut disediakan berbagai buku yang sesuai peruntukkannya. Selain ruangan yang telah disebutkan, Perpustakaan Kabupaten Buleleng juga kedepannya akan memanfaatkan ruang Publik Taman Kota Singaraja untuk memberikan ruang kepada masyarakat yang ingin membaca pada saat menikmati akhir pekan.

Bacaan Lainnya

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng, dr. Ni Made Sukarmini,MAP. Dengan program tersebut, pihaknya memberikan kebebasan untuk masyarakat Buleleng untuk membaca. Sukarmini menambahkan, nantinya ditempat tersebut akan disediakan meja dan kursi untuk para pembaca.

“Nanti kita siapkan ruang seperti meja-meja kemudian kami kasi buku sehingga masyarakat tidak tergantung dengan hari buka perpustakaan,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,SP.OG mengatakan dengan gedung baru dan buku-buku yang sudah disediakan, masyarakat Buleleng bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Wabup Sutjidra berharap, kedepannya perpustakaan bisa membuat perpustakaan digital sehingga mempermudah masyarakat untuk membaca.

“Semoga kedepannya perpustakaan sudah berbasis digital , karena perpustakan digital ini, mempermudah masyarakat untuk menambah ilmu dan wawasan,” harapnya.

Gedung layanan perpustakaan ini dibangun melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Perpustakaan Nasional Republik Indonesaia (Perpusnas) Sub. Bidang Pendidikan dengan total anggaran Rp 1.144.400.000 yang terbagi atas dua kegiatan yaitu rehab gedung layanan perpustakaan dengan pagu Rp 950.000.000 dengan realisasi keuangan sebesar Rp 837.276.410, san kegiatan pengadaan bahan pustaka dengan pagu sebesar Rp 194.400.000 dengan realisasi keuangan sebesar Rp 135.502.600 terdiri dari 1944 eksemplar koleksi bahan pustaka dengan realisasi fisik 100 persen.

Peresmian Gedung layanan perpustakaan yang ditandai dengan pemotongan pita ini, dihadiri pula Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nurhadi Saputra, Bunda Paud Kabupaten Buleleng Ny. Aries Suradnayana, Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten Buleleng Ny. Ayu Wardhany Sutjidra, dan Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Buleleng. (MN/JOZ-HBl)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.