Bupati Badung Hadiri Piodalan di Pura Antagana, Desa Adat Tegal, Darmasaba

banner 468x60

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta hadiri Piodalan di Pura Antagana, Desa Adat Tegal, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Kamis (5/10).

 

Bacaan Lainnya

ABIANSEMAL – MANGUPURANEWS.com – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta hadiri Piodalan di Pura Antagana, Desa Adat Tegal, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Kamis (5/10). Kehadiran Beliau disambut Krama Adat Tegal, Desa Darmasaba dengan dimeriahkan gong beleganjur disertai pengalungan bunga. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Badung Putu Ngr. Thomas Yuniarta, Camat Abiansemal I Gst. Ngr. Surya Jaya beserta Muspika Kecamatan Abiansemal, Wakil Ketua DPC PDIP Badung Bagus Alit Sucipta, Perbekel Desa Darmasaba I Made Taram, serta tokoh masyarakat setempat.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada Krama Adat Tegal Desa Darmasaba telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Badung. “Saat ini Pemerintah Kabupaten Badung telah meluncurkan program-program menyentuh kebutuhan dasar masayarakat seperti dari lahir dengan program persalinan gratis serta akte kelahiran gratis, hidup dengan program pelayanan kesehatan gratis dan meninggal dengan santunan kematian, akte kematian dan perubahan KK. Selain itu juga kami pemerintah Kabupaten badung juga akan membantu memberikan santunan kepada penunggu pasien di kelas III,” ungkap Giri Prasta.

Lebih lanjut Giri Prasta mengatakan siap membantu Sekaa Teruna dimasing-masing banjar yang membutuhkan gong. “Gong memiliki banyak manfaat untuk para generasi muda agar mempunyai kesibukan untuk melakukan latihan tabuh yang nantinya akan dipakai di adat apalagi akan menjadi Desa Wisata dan secara otomatis dapat menghindari hal-hal negatif seperti mabuk-mabukan, geng motor dan penyalahgunaan narkoba yang dapat mengganggu ketertiban umum,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta juga menyerahkan bantuan dana kegiatan sebesar Rp 500.000.000 kepada Desa Adat Tegal Desa Darmasaba sebagai wujud konsep Tri Hita Karana. “Penyerahan bantuan ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Badung untuk mendukung pembangunan di desa sehingga masyarakat tidak lagi mengeluarkan biaya untuk pembangunan. Kami mengambil kebijakan untuk menuntaskan seluruh pembangunan Pura Kahyangan Tiga Desa Adat di se-Badung dan mulai tahun 2018 nanti juga mengambil kebijakan untuk memberikan gaji kepada Pemangku Pura Kahyangan Tiga se-Badung,” tegasnya.

Bendesa Adat Desa Adat Tegal I Made Lipur menyampaikan, apresiasi dan rasa terima kasih atas kehadiran Bupati Badung yang telah memperhatikan krama adat di Desa Adat Tegal Desa Darmasaba, dan selanjutnya mengatakan krama adat siap mengawal dan mendukung program program pemerintah kabupaten kedepan. Pura Antagana diempon oleh 8 banjar diantaranya Banjar Gulingan, Banjar Tengah, Banjar Baler Pasar, Banjar Bucu, Banjar Telanga, Banjar Taman, Banjar Bersih dan Banjar Umahanyar.

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.