Bupati Giri Prasta Kembangkan Aplikasi FishGo Tingkatkan Hasil Tangkapan Ikan dan Taraf Hidup Nelayan Tradisional di Badung

  • Whatsapp
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta
banner 468x60

PUSPEM BADUNG, MANGUPURANEWS – Aplikasi FishGo adalah aplikasi ponsel android yang diciptakan untuk membantu nelayan tradisional dalam meningkatkan jumlah tangkapan ikan dan taraf hidup nelayan tradisional di Badung. Aplikasi FishGo merupakan hasil riset yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Badung dalam menanggapi kondisi serta permasalahan nelayan tradisional di Kabupaten Badung. Aplikasi FishGo bekerja dengan cara mengkombinasikan kemampuan satelit dan faktor seperti kondisi fisiologis dan habitat ikan serta lokasi ikan mencari makan (feeding ground) untuk memprediksi dan mendeteksi keberadaan ikan.

Terkait keunggulan dari Aplikasi FishGo dalam meningkatkan hasil tangkapan nelayan diakui oleh Ketua Kelompok Nelayan Samanjaya Desa Kedonganan, Kuta Bali Nyoman Sudiarta (43) yang menuturkan pengalamannya mencari ikan disekitar Uluwatu.”Sebelum menggunakan aplikasi FishGo, hasil tangkapan kami tidak menentu, kadang-kadang dapat ikan, kadang-kadang tidak dapat dan lebih sering tidak dapatnya karena kami tidak tahu posisi ikan. Tetapi sejak menggunakan Aplikasi FishGo kami bisa tahu dimana posisi ikan dan kemudian kami coba langsung ke posisi ikan dan memang ada ikannya disana” kata Nyoman. Ditambahkan melalui Aplikasi FishGo nelayan tidak hanya meningkatkan hasil tangkapan ikan tetapi juga memberikan informasi berupa jalur melaut yang aman.

Muat Lebih

banner 300250

Hal senada diungkapkan Made Gita (56) kelompok nelayan Putra Bali.”Ketika turun melaut kita sudah ketemu ikan, itu yang penting. Ini adalah aplikasi yang bagus, dengan aplikasi FishGo ini menciptakan nelayan-nelayan yang cerdas”, katanya.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, pada Senin (7/10) kemarin di Puspem Badung, mengatakan bahwa keunggulan dari Aplikasi FishGo adalah dapat menentukan waktu penangkapan terbaik serta rute penangkapan yang aman untuk nelayan tradisional. Selain itu Aplikasi FishGo juga menentukan area pergerakan ikan dalam skala radius tertentu. Aplikasi ini juga memuat fitur laporan yang memudahkan nelayan dalam mengirimkan laporan hasil tangkapan mereka yang kemudian data tersebut dapat diteruskan sebagai bahan pengembangan aplikasi dan juga pihak terkait untuk menjual tangkapan. Melalui aplikasi ini, nelayan juga dapat mengetahui informasi mengenai perkiraan bahan bakar yang dibutuhkan untuk menuju ke area potensial penangkapan ikan.

Lebih lanjut Bupati Giri Prasta mengatkan, selain dapat digunakan oleh nelayan tradisional, pengguna aplikasi ini juga dapat digunakan oleh orang-orang yang memiliki hobi memancing. Sampai saat ini tercatat lebih dari 500 orang yang telah mengunduh aplikasi ini dan sebagian besar adalah nelayan tradisional. Diharapkan dengan diimplementasikannya Fishgo ini dapat membantu Pemerintah Kabupaten Badung dalam mencapai beberapa tujuan yang tercantum dalam Sustainable Development Goal (SDGs) meliputi antara lain Tanpa Kemiskinan, Kehidupan Sehat dan Sejahtera, Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, Industri, Inovasi dan Infrastruktur, Konsumsi dan Produksi yang bertanggung jawab, Ekosistem Laut dan Kemitraan untuk mencapai tujuan.

Sementara itu Kepala Balitbang Badung I Wayan Suambara mengatakan sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja disektor perikanan khususnya nelayan tradisional di Kabupaten Badung, Pemerintah Kabupaten Badung tetap berkomitmen untuk menjaga keberlanjutan Aplikasi FishGo dengan didukung oleh regulasi. Pendiri aplikasi selanjutnya diangkat menjadi tenaga teknis pengembangan Aplikasi FishGo pada Balitbang Kabupaten Badung untuk dapat melakukan update peta lokasi potensial penangkapan ikan setiap harinya sehingga para nelayan dapat memanfaatkan aplikasi FishGo dengan baik. (MN/HB)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.