Ketua YKI Cabang Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra Kunjungi Penderita Kanker Serviks dan Payudara di Kec. Payangan

Ny. Surya Adnyani Mahayastra saat mengunjungi 7 orang penderita kanker, yang ada di wilayah Kecamatan Payangan, Selasa (14/1)
banner 468x60

GIANYAR, MANGUPURANEWS – Jika ada keluarga menderita sakit, apalagi sakit berbahaya seperti kanker tidak boleh kita abaikan, harus dirawat dan dijaga dengan penuh kasih sayang. Karena tidak dapat dipungkiri, perhatian dari orang terdekat merupakan salah satu obat memperpanjang usia bagi penderita kanker. Hal ini terus ditekankan Ketua YKI Cabang Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra kala mengunjungi 7 orang penderita kanker, yang ada di wilayah Kecamatan Payangan, Selasa (14/1).

Kunjungan Ny. Surya Adnyani Mahayastra ke sejumlah rumah penderita kanker didampingi Dirut RS Sanjiwani Gianyar dr. Upeksa dan beberapa dokter YKI Cabang Gianyar, selain memberikan sejumlah bantuan juga untuk memberi suport agar mereka tetap kuat sekaligus untuk memantau lebih dekat apakah mereka tetap melanjutkan pegobatan medis atau tidak.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan data di YKI Cabang Gianyar, warga penderita kanker yang dikunjungi adalah penderita kanker payudara, Nyoman Siti Arini, Dewa Ayu Darmajoti dari  Br. Melinggih, Ni Ketut Yasa, Br. Pengaji, Ni Wiwik asal Br. Bayad, Ni Samuji dari Br. Margatengah dan Ni Wayan Suratni dari Br. Yehtengah. Sedangkan penderita kanker servik, Ni Nyoman Renteb asal Br.Marga Tengah, Ni Ketut Witri Desa Melinggih, Ni Wayan Tingkes asal Br. Ponggang dan Ni Nyoam Payu asal dari Br, Ayah Payangan.

“ Kami bersama dokter dokter dari YKI, pihak Puskesmas senantiasa akan selalu memantau para penderita kanker, selain memberi suport kami juga ingin melihar langsung kondisi mereka apakah sudah rutin tiap bulannya berobat atau tidak, “ terang Ny. Adnyani Mahaystra.

Tidak lupa pada keluarga penderita, agar senantiasa menerapkan PHBS di tengah keluarga. Karena tidak dipungkiri anak-anak penderita kanker juga beresiko tinggi terkena penyakit yang sama. Untuk itu kebersihan dan pola makan yang sehat harus diterapkan di dalam keluarga. Kedepannya melalui perpanjangan tangan para dokter, pengawai puskesmas dan para kader PKK senantiasa akan terus dilakukan sosialisasi bahaya kanker di masyarakat, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Pada kesempatan itu, Ny. Adnyani Mahayastra juga menghadiri sosialisasi bahaya kanker yang diperuntukkan bagi pegawai puskemas dan pegawai di Rumah Sakit   Payangan, di Aula Pertemuan di RS Payangan. Sosialisasi ini semacam refresing atau penyegaran kembali tentang bahaya kanker pada para petugas, karena merekalah yang nantinya akan berhadapan langsung dengan masyarakat. (MN/HG)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.